Web Analytics Made Easy -
StatCounter
Arti Kata "Lubanghitam" menurut Kamus Astronomi - Rebanas

Arti Kata "Lubanghitam" Menurut Kamus Astronomi

Halaman ini menjelaskan Arti Kata Lubanghitam menurut Kamus Astronomi. Selain Arti, mungkin juga disertakan contoh kalimat yang memakai kata Lubanghitam.

definisi Lubanghitam

Lubanghitam: bentuk akhir dari evolusi bintang bermassa sangat besar. Lubanghitam baru terbentuk apabila bintang tersebut mengalami supernova. Setelah itu massa bintang yang tersisa begitu besar tetapi radiusnya sangat kecil sehingga gaya gravitasi di permukaan sangat besar, bahkan cahay tidak dapat lolos dari tarikan gravitasinya. Akibatnya bintang runtuh pada dirinya sendiri.

Lebih lanjut mengenai Lubanghitam
Contoh kalimat untuk "Lubanghitam"

Berbagai contoh kalimat untuk kata atau frase "Lubanghitam" tersedia di halaman contoh kalimat. Silakan kunjungi halaman khusus contoh kalimat menggunakan kata Lubanghitam untuk melihat berbagai penerapan riil di kehidupan nyata.

Lebih lanjut mengenai Lubanghitam

Lubanghitam terdiri dari 1 kata. Kata tersebut mempunyai 10 kata terkait yakni sebagai berikut:

gravitasi gaya tarik menarik yang timbul antara 2 benda bermassa atau lebih yang memiliki jarak tertentu.
Lubanghitam bentuk akhir dari evolusi bintang bermassa sangat besar. Lubanghitam baru terbentuk apabila bintang tersebut mengalami supernova. Setelah itu massa bintang yang tersisa begitu besar tetapi radiusnya sangat kecil sehingga gaya gravitasi di permukaan sangat besar, bahkan cahay tidak dapat lolos dari tarikan gravitasinya. Akibatnya bintang runtuh pada dirinya sendiri.
bintang benda langit yang menghasilkan dan memancarkan energi/cahayanya sendiri.
Bintang Ubah bintang yang keluaran cahayanya berubah. Beberapa bintang itu ukurannya berubah seperti Variabel Cepheid, tetapi lainnya adalah bintang ganda dekat yang secara berkala saling menghalangi (pasangan pemudar). Di tahun 1975 tercatat dalam katalog galaksi kita lebih kurang 25.000 bintang ubah.
Diagram HR diagram Hertzsprung-Russel, yaitu diagram yang menunjukkan sebaran bintang berdasarkan luminositas dan temperaturnya.
Diagram garpu tala diagram yang menunjukkan pengelompokan galaksi berdasarkan bentuknya. Diagram ini dibuat oleh Edwin Hubble.
Bintang Ganda Atau juga biasa disebut bintang Pasangan (binary), adalah sepasang bintang yang dihubungkan oleh gravitasi. Sebagian besar pasangan tampak sebagai bintang tunggal bagi mata telanjang, tetapi dapat terlihat terpisah dengan teleskop. Namun beberapa diantaranya begitu saling dekat sehingga adanya pasangan hanya dapat disimpulkan dari analisa cahaya gabungannya. Dalam beberapa pasangan, bintangnya secara berkala saling menghalangi.
Bintang Neutron
Altitud salah satu besaran dalam sistem koordinat alt-azimuth. Artinya adalah ketinggian sebuah benda langit yang dihitung dari horison ke arah kutub-kutub langit. Nilainya dari -90° hingga 90°.
Fluks bintang jumlah energi yang dipancarkan satu satuan luas permukaan bintang ke segala arah.
Simpan Informasi Agar Tidak Hilang

Jika informasi mengenai "Lubanghitam" ini bermanfaat, sila bagikan ke teman atau simpan di akun media sosial memakai menu berikut.

Pertanyaan, Kritik, Koreksi dan Saran
Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik, atau laporan kesalahan penulisan, dll. Baik mengenai halaman ini, atau mengenai kamus ini, silakan memakai formulir di bawah.
Index Kamus Astronomi
Tentang Kamus Astronomi

Kamus Kamus Astronomi ini merupakan online. Jika anda mencari terjemah atau arti kata menurut kamus Kamus Astronomi, anda bisa mencari disini. Kamus bisa ditelaah menggunakan abjad atau formulir pencarian.