Web Analytics Made Easy -
StatCounter
Arti Kata "Daur Surya" menurut Kamus Astronomi - Rebanas

Arti Kata "Daur Surya" Menurut Kamus Astronomi

Halaman ini menjelaskan Arti Kata Daur Surya menurut Kamus Astronomi. Selain Arti, mungkin juga disertakan contoh kalimat yang memakai kata Daur Surya.

definisi Daur Surya

Daur Surya: Istilah yang digunakan untuk variasi kegiatan sekitar 11 tahun di Matahari. Jumlah bintik Matahari, suar, dan prominensa berubah-ubah dalam tiap daur 11 tahun. Namun dalam tiap daur berurutan, kutub magnet utara dan selatan Matahari saling bertukar. Jadi dapat dikatakan bahwa daur surya lengkap membutuhkan 22 tahun.

Lebih lanjut mengenai Daur Surya
Contoh kalimat untuk "Daur Surya"

Berbagai contoh kalimat untuk kata atau frase "Daur Surya" tersedia di halaman contoh kalimat. Silakan kunjungi halaman khusus contoh kalimat menggunakan kata Daur Surya untuk melihat berbagai penerapan riil di kehidupan nyata.

Lebih lanjut mengenai Daur Surya

Daur Surya terdiri dari 2 kata. Kata tersebut mempunyai 10 kata terkait yakni sebagai berikut:

matahari Bintang induk kita. Jauhnya hampir 150 juta km. Matahari adalah bintang berukuran sedang, bergaris tengah 1,4 juta km dan tersusun sebagian besar atas gas hidrogen dan helium. Matahari membangkitkan cahaya dan panas di pusatnya dengan reaksi nuklir. Ia diedari keluarga 9 buah planet, termasuk Bumi kita.
Prominensa Awan gas panas yang mencuat dari permukaan Matahari, berhubungan dengan medan magnet kuat. Beberapa prominensa berbentuk lengkung dan dapat bertahan selama berminggu-minggu. Yang lainnya sering berhubungan dengan suar, melejit ke angkasa dengan kecepatan hingga 1.000 km per detik.
Daur Surya Istilah yang digunakan untuk variasi kegiatan sekitar 11 tahun di Matahari. Jumlah bintik Matahari, suar, dan prominensa berubah-ubah dalam tiap daur 11 tahun. Namun dalam tiap daur berurutan, kutub magnet utara dan selatan Matahari saling bertukar. Jadi dapat dikatakan bahwa daur surya lengkap membutuhkan 22 tahun.
Diagram HR diagram Hertzsprung-Russel, yaitu diagram yang menunjukkan sebaran bintang berdasarkan luminositas dan temperaturnya.
Diagram garpu tala diagram yang menunjukkan pengelompokan galaksi berdasarkan bentuknya. Diagram ini dibuat oleh Edwin Hubble.
Bintik Matahari Daerah-daerah yang lebih sejuk dalam permukaan Matahari, di fotosfera. Ia tampak suram dibandingkan dengan kelilingnya yang lebih cemerlang, tetapi ia cukup panas, kira-kira 4.500º C. Bintik Matahari ada hubungannya dengan medan-medan magnet di Matahari, yang rupanya menghalau aliran panas melalui fotosfera, dan ini menimbulkan bintik.
Tahun Cahaya (light year, ly) jarak yang ditempuh cahaya dalam waktu 1 tahun. Kalikan kecepatan tempuh cahaya (300.000 km/dt) dengan jumlah detik dalam setahun. Hasilnya adalah 946 x 10^14 km atau 6324 AU. Jarak Matahari – Bumi adalah 8 menit cahaya.
Gerak Diri Proper Motion. Perubahan kecil dalam posisi bintang selama jangka waktu tertentu. Perubahan tersebut disebabkan oleh gerakannya dalam antariksa. Gerak diri bintang tidak dapat terlihat oleh mata telanjang. Ia dapat diukur pada gambar-foto skala besar yang diambil dengan teleskop selama bertahun-tahun. Gerak diri bintang pada akhirnya akan mengubah pola rasi yang sudah dikenal. bintang dengan gerak diri terbesar adalah bintang Barnard. Selama jangka waktu 180 tahun berubah posisinya sebesar diameter tampak Bulan.
Gerak tahunan gerak Matahari dalam setahun yang berpindah-pindah rasi dari barat ke timur.
Kerdil Coklat Brown Dwarf. Suatu calon bintang (protostar) yang gagal terbentuk menjadi bintang akibat tidak memiliki cukup massa untuk membentuk reaksi nuklir yang menyebabkan ia dapat bersinar sebagaimana bintang lainnya pada fase stabil.
Simpan Informasi Agar Tidak Hilang

Jika informasi mengenai "Daur Surya" ini bermanfaat, sila bagikan ke teman atau simpan di akun media sosial memakai menu berikut.

Pertanyaan, Kritik, Koreksi dan Saran
Jika anda mempunyai pertanyaan, saran, kritik, atau laporan kesalahan penulisan, dll. Baik mengenai halaman ini, atau mengenai kamus ini, silakan memakai formulir di bawah.
Index Kamus Astronomi
Tentang Kamus Astronomi

Kamus Kamus Astronomi ini merupakan online. Jika anda mencari terjemah atau arti kata menurut kamus Kamus Astronomi, anda bisa mencari disini. Kamus bisa ditelaah menggunakan abjad atau formulir pencarian.